Laman

Sabtu, 26 Februari 2011

Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer(Human Computer Interaction)?
Interaksi Manusia dan Komputer merupakan studi tentang interaksi manusia, komputer dan tugas/task. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat.
  • User Friedly
  • Mudah digunakan (easy to use)
  • Masih terjadi error
  • User yang mahir dalam menggunakan komputer
  • Option-option dalam processing, seperti File/save dengan File/delete dll.
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian. Komputer dan peralatannya harus didesain sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan dapaat membantu manusia dalam pekerjann sehari-hari.
Seperti apakah interface yang baik?
User interface : lebih dari apa yang manusia dapat lihat, sentuh atau dengar.
User interface mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Usr interface tidak cukup hanya berpenampilan bagus tetapi harus dapat mendukung tugas yang dilakukan manusia dan dibuat menghindari kealahan-kesalahan kecil.
Apa Interaksi Manusia dan Komputer?
IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia. Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karateristik fisik mesin dan sistem dan melihat unjuk kerja (performance) dari user. Faktor manusia merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dalam menyelesaikan tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar